PENGARUH MODEL TIME TOKEN DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II SDN BANDAR LOR 2 TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

TITIS WAHYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0155

Abstract

Titis Wahyuningtyas: Pengaruh Model Pembelajaran Time Token di dukung media gambar pada Siswa Kelas II SDN Bandar Lor 2 Kecamatan Mojoroto Tahun, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci : Model PembelajaranTime Token dan Kemampuan Mengenal unsur-unsur bangun datar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuanmengenal unsur-unsur bangun datar yang diajarkan dengan model pembelajaranTime Token tanpa di dukung media gambar pada siswa kelas II SDN Bandar Lor 2 Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakahkemampuan mengenal unsur-unsur bangun datar yang diajarkan dengan menggunakan model Time Token di dukung media gambarpada siswa kelasII SDN Bandar Lor 2 Tahun Ajaran 2015/2016?(3) Adakah pengaruhpenggunaan model pembelajaranTime Token di dukung media gambarterhadap kemampuanmengenal unsur-unsur Bangun datar pada siswa Kelas II SDN Bandar Lor 2 Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Bandar Lor 2. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes tulis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal unsur-unsur bangun datar menggunakan model pembelajaranTime Token tanpa media gambar pada siswa kelas II semester 2 SDN Bandar Lor 2dinyatakan masih dibawah rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 64,71 terletak dibawah 74 (KKM).(2) Kemampuan mengenal unsur-unsur bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran Time Token didukung media Gambar pada siswa kelas II semester 2 SDN Bandar lor 2dinyatakan sudah diatas rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 84,70 terletak diatas 74 (KKM).(3) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Time Token didukung media Gambar terhadap kemampuan mengenal unsur-unsur bangun datar pada siswa kelas II semester 2 SDN Bandar Lor 2 tahun 2015/2016. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penghitungan ttabel dan thitung, bahwa thitung lebih besar dari ttabel (5,62>2,037).?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI