Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning Dengan Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Struktur Panca Indera Dengan Fungsinya Siswa Kelas IV SD Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

BENNY YAYAN HARYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0148

Abstract

ABSTRAK Benny Yayan Haryono : Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning Dengan Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Struktur Panca Indera Dengan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN 2 Mojosari Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, banyak siswa kelas IV SDN 2 Mojosari yang mendapatkan nilai dibawah KKM pada mata pelajaran IPA materi mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya. Setelah melakukan tanya jawab dengan guru dan siswa, ternyata terdapat ketidaksesuaian antara strategi dan media pembelajaran pada materi yang disampaiakan, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dipelajarinya dan hasil belajarnya pun kurang maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya tanpa menggunakan strategi guided discovery learning dengan media visual siswa kelas IV SDN 2 Mojosari Tahun Ajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya menggunakan strategi guided discovery learning dengan media visual siswa kelas IV SDN 2 Mojosari Tahun Ajaran 2015/2016 ? (3) Adakah pengaruh strategi guided discovery learning dengan media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya siswa kelas IV SDN 2 Mojosari Tahun Ajaran 2015/2016? Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil bahwa nilai Thitung sebesar 3,23. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu ( taraf signifikan 1% = 2.682 dan 5% = 2.011 ) maka dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Karena Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada pengaruh yang sangat signifikan terhadap penggunaan strategi guided discovery learning dengan media visual pada siswa kelas IV SDN 2 Mojosari Tahun Ajaran 2015/2016”. Kata Kunci: Guided discovery learning, media visual, kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI