PENGARUH METODE DRILL AND PRACTICE DIDUKUNG MEDIA KERTAS BERPETAK TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN JARING-JARING BERBAGAI BANGUN RUANG SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SD PAWYATAN DAHA KEDIRI
Author (Penulis)
DYTA PUSPITA TRI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0147
Abstract
Abstrak
DYTA PUSPITA TRI ASTUTI : Pengaruh Metode Drill and Practice didukung Media Kertas Berpetak terhadap Kemampuan Menentukan Jaring-jaring berbagai Bangun Ruang Sederhana pada Siswa Kelas V SD Pawyatan Daha Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran, pada materi jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kediri yang mana rata-rata siswa masih mengalami kesulitan dalam materi yang diajarkan. Hal ini dikarenakan guru belum menentukan metode dan media yang tepat untuk materi jaring-jaring bangun ruang sederhana. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode Drill and Practice dan media kertas berpetak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana tanpa menggunakan metode Drill and Practice dan tanpa media kertas berpetak pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kediri tahun ajaran 2015-2016. (2) Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana menggunakan metode Drill and Practice didukung media kertas berpetak pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kediri tahun ajaran 2015-2016. (3) Menjelaskan ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan metode Drill and Practice didukung media kertas berpetak terhadap kemampuan menetukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kediri tahun ajaran 2015-2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian Posttest Only Control Design dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kediri. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal post tes. Soal tersebut diberikan kepada kelas VD sebagai kelas kontrol dan VH sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana tanpa menggunakan metode Drill and Practice dan tanpa media kertas berpetak pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kediri kurang maksimal.(2) Kemampuan menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana menggunakan metode Drill and Practice didukung media kertas berpetak pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kediri lebih baik. (3) Ada pengaruh signifikan penerapan metode Drill and Practice didukung media kertas berpetak terhadap kemamuan menetukan jaring-jaring bangun ruang sederhana pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kediri.
Kata Kunci : Metode Drill and Practice, media kertas berpetak, kemampuan menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana.