Pengaruh Model Pembelajaran CS (Consept Sentence) Didukung Media Berbasis Visual Dalam Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas III SDN Mojoroto 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

PRASTIKA ARI WIBOWO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0140

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa dari jumlah keseluruhan siswa kelas III SDN Mojoroto 4 Kota Kediri yang mendapat nilai di atas kriteria kelulusan minimal tidak ada separuh dari jumlah keseluruhan siswa. Guru masih menggunakan paradigma tradisional dalam proses pembelajaran yaitu masih belum menggunakan strategi/model/metode yang bervariatif dan masih sering menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan(1) Untuk mengetahui kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan model pembelajaran CS (Consept Sentence) tanpa didukung media berbasis visual pada siswa kelas III SDN Mojoroto 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan model pembelajaran CS (Consept Sentence) didukung media berbasis visual pada siswa kelas III SDN Mojoroto 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran model pembelajaran CS (Consept Sentence) menggunakan media berbasis visual terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Mojoroto 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain penelitianPretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi dan hasil belajar siswa (tes tulis). Analisis data yang digunakan adalah statistic inferensial dengan uji-t dan menggunakan program SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, nilai t hitung 7.152 > t tabel (5%) 2.0322 dan nilai signifikan 0.000 lebih kecil 0.05 dan nilai rata-rata kelas kontrol=70.28, nilai rata-rata kelas eksperimen=82.78. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan model pembelajaran CS (Consept Sentence) tanpa didukung media berbasis visual pada siswa kelas III SDN Mojoroto 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 mendapat nilai ? nilai KKM yaitu sebanyak 14 siswa atau 87,5 % sehingga rendah. (2) Kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan model pembelajaran CS (Consept Sentence) didukung media berbasis visual pada siswa kelas III SDN Mojoroto 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 mendapat nilai ? nilai KKM yaitu sebanyak 16 siswa atau 100 % sehingga tinggi. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Consept Sentence didukung media berbasis visual terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Mojoroto 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 ditunjukkan dengan nilai t hitung adalah 7.152 > t tabel (5%) 2.0322 dan nilai signifikan 0.000 lebih kecil 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Materi jenis-jenis pekerjaan, Model CS (Consept Sentence), media berbasis visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI