PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN PIKIRAN POKOK TEKS AGAK PANJANG (150-200 KATA) DENGAN CARA MEMBACA SEKILAS PADA SISWA KELAS IV SDN PUNCU 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SRI VENI DWINURCAHYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0137
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa dari jumlah keseluruhan siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri yang mendapat nilai di atas kriteria kelulusan minimal tidak ada separuh dari jumlah keseluruhan siswa. Guru masih menggunakan paradigma tradisional dalam proses pembelajaran yaitu masih belum menggunakan strategi/model/metode yang bervariatif dan masih sering menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas tanpa metode Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas dengan metode Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh metode Cooperative Script terhadap kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Sampel penelitian ini sebanyak 56 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi dan hasil belajar siswa (tes tulis). Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan uji-t dan menggunakan program SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, nilai rata-rata kelas kontrol=63,71, nilai rata-rata kelas eksperimen=81,29, dan taraf signifikan 0.000 (<0.05).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas tanpa metode Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri dinyatakan rendah atau kurang maksimal. (2) Kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas dengan metode Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri dinyatakan tinggi atau sudah maksimal. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Cooperative Script terhadap kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas pada siswa kelas IV SDN Puncu 2.