PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN SISWA KELAS IV SDN BURENGAN TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

SELA RONA TRI AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0132

Abstract

ABSTRAK Sela Rona Triagustina : pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student fasilitator and explaining terhadap pemahaman siswa materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap daratan siswa kelas IV SDN Burengan tahun 2015/2016”, Skripsi, PGSD, FKIP universitas nusantara PGRI Kediri, 2015/2016. Kata kunci: pemahaman siswa materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap daratan Penelitian ini di latar belakangi hasil dari pengamatan sendiri yang dilakukan oleh peneliti, yaitu banyaknya siswa SDN Burengan yang mendapatkan nilai KKM pada mata pelajara IPA setelah diamati dan tanya jawab dengan guru dan siswa pada sekolah tersebut ditemukanlah pokok dari permasalahan ini salah satunya yaitu tidak menariknya proses kegiatan belajar yang mengakibatkan siswa bosan ketika pembelajaran berlangsung dan kurang menyenangkan hal ini berakibt pada hasil nilai siswa rendah. (1) Dalam penelitian ini ditemukan pokok permasalahan dan pokok permasalahan adalah Bagaimanakah pemahaman siswa pada materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SDN Burengan Tahun Ajaran 2015/2016? (2)Bagaimanakah pemahaman siswa pada materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap daratan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining siswa kelas IV SDN Burengan Tahun Ajaran 2015/2016? (3)Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap daratan siswa kelas IV SDN Burengan Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Burengan 3 dan 1 kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumennya berupa tes tertulis dan kesimpulan ini berdasarkan dari uji statistik data melalui uji-t. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : tujuan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tipe Student Fasilitator and Explaining adalah untuk mengembangkan pemahaman siswa. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenagkan. Guru masih perlu meneliti terus-menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining sesuai dengan karakter materi dan karakteristik siswa demi meningkatkan kwalitas pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI