PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN 1 GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ZULASTRI PURNAMA WATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0106
Abstract
Abstrak
Zulastri Purnama Wati: Pengaruh Model Think Pair Share Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaanya Siswa kelas III SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : Model Think Pair Share dan media Visual.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian dan pengamatan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD, guru lebih dominan menggunakan metode Ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga menjadikan siswa menjadi kurang tertarik dan kurang fokus saat pelajaran IPA. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi tersebut dibutuhkan pembelajaran yang menyenangkan yaitu model Think Pair Share didukung dengan media visual. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya sebelum menerapkan model Think Pair Share tanpa di dukung dengan media visual pada siswa kelas III SDN 1 Gondang tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya dengan menerapkan model Think Pair Share didukung media visual pada siswa kelas III SDN 1 Gondang tahun pelajaran 2015/2016? (3) Adakah perbedaan pengaruh model Think Pair Share didukung media visual dan model Think Pair Share tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya pada siswa kelas III SDN 1 Gondang tahun pelajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimen dengan teknik pretest postest . Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN 1 Gondang kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran2015/2016.Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t
Simpulan hasil penelitian ini (1) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya menggunakan model Think Pair Share tanpa didukung media visual dapat mencapai KKM melalui analisis uji t. Dalam penelitian ini siswa yang mencapai KKM sebesar 50,0%. (2) Kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya menggunakan modelThink Pair Share didukung media visual dapat mencapai KKM melalui analisis uji t. Dalam penelitian ini siswa yang mencapai KKM sebesar 96,2%. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model Think Pair Share didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya di SDN 1 Gondag dengan norma keputusan t-hitung ? t-tabel taraf signifikasi 5% maka Ho ditolak dengan signifikan, hipotesis alternative (Ha) terbukti benar.