Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Kemampuan Membaca Pantun Anak Secara Berbalasan dengan Lafal dan Intonasi yang Tepat Pada Siswa Kelas IV SDN Sidowareg 2 kecamatan Plemahan Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

FIFIN SISKA ARIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0100

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi membaca pantun anaksecara berbalasan pada kelas IV, siswa SDN Sidowareg 2 kemampuan membaca siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan pengalaman membaca siswa masih rendah, serta pengaruh kemampuannya menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan aspek kebahasaan, kondisi siswa, kondisi lingkungan belajar siswa dan penerapan guru dalam pembelajaran juga masih kurang. Selain itu ada faktor penyebab lain seperti siswa dalam membaca tidak memperhatikan tanda baca dan intonasi, sehingga mengurangi makna dari bacaan tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tesebut dibutuhkan model Course Review Horay. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalahnya sebagai berikut. (1) Bagaimanakah kemampuan membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat sebelum menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2?, (2) Bagaimanakah kemampuan membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat sesudah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2?, (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian One-Group Pretest-Posttest dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 Kecamatan Plemahan. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 terhadap kemampuan membaca pantun anak secara berbalas sebelum menggunakan model pembelajaranCourse Review Horay kurang memuaskan karena nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih di bawah KKM. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh 64,2. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 terhadap kemampuan membaca pantun anak secara berbalas setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay meningkat, dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa meningkat dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh 77,45. (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan membaca pantun anak secara berbalas pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,4> 0,433. Kata Kunci : model course review horay, membaca pantun anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI