PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS III SDN SUKORAME IV KOTA KEDIRI, TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

INTAN WINDA SAKHMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0093

Abstract

ABSTRAK Intan Winda Sakhma (12.1.01.10.0093): Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas III SDN Sukorame IV Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan peneliti, bahwa proses pembelajaran IPA masih belum optimal sehingga dari proses pembelajaran tersebut tidak dapat memahami materi dengan baik. Hal itu disebabkan siswa merasa bosan dan cepat lelah ketika mendegarkan guru berceramah tentang materi yang sedang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup tanpa menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SDN Sukorame IV Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 (2) Mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SDN Sukorame IV Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 (3) Menjelaskan pengaruh pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi kelas III SDN Sukorame IV Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini digunakan teknik penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dalam pendekatan ini digunakan kuantitatif dengan subyek penelitian SDN Sukorame IV berjumlah 32 siswa (kelompok eksperimen) dan SDN Sukorem V (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t dengan bantuan SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian ini dijelaskan sebagai berikut (1) Kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup tanpa menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SDN Sukorame V Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 kurang mampu untuk membangkitkan semangat belajar siswa, sehingga rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh di bawah KKM (70). Adapun nilai rata-rata kelas tersebut adalah 68,67. (2) Kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SDN Sukorame IV Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 mampu membangkitkan semangat belajar siswa dengan baik, sehingga hasil rata-rata belajar siswa di atas KKM yaitu (70). Adapun rata-rata nilai kelas tersebut 76, 20. dan (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Sukorame IV Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017. Terbukti dengan H0 ditolak pada taraf signifikan 5% dan Ha diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI