PERBANDINGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0091

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Perbandingan Model Reciprocal Teaching dan Cooperative Script Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci : Model Reciprocal Teaching, Model Cooperative Script, Kemampuan mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA pada materi hubungan makhluk hidup dengan lingkungan masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaran guru hanya memberi ceramah dan tanya jawab, sehingga suasana kelas menjadi pasif, monoton, dan cenderung membosankan. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan mendeskripsikan siswa belum tercapai secara maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah model Cooperative Script berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh model Reciprocal Teaching dan model Cooperative Script terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis nonequivalent control group design. Teknik ini akan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Reciprocal Teaching dengan model Cooperative Script. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Jumlah sampel 83 siswa dari dua kelas yaitu kelas IV-A dan IV-B yang ditentukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas dan homogenitas, dan uji t. Uji t yang digunakan ada dua, yaitu uji t berpasangan dan uji t independen. Adapun analisis data dengan menggunakan uji t berdasarkan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil dari perhitungan uji t pada kelas eksperimen diperoleh sig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan ( 0.000 < 0.05 ) dengan demikian H0 ditolakPada kelas kontrol diperoleh sig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan ( 0.000 < 0.05 ) dengan demikian H0 ditolak. Pada uji t independen diperoleh thitung (6,282) < ttabel (1,990) dengan demikian H0 ditolak, maka ada perbedaan pengaruh yang signifikan. Ada perbedaan pengaruh model Reciprocal Teaching dan Cooperative Script terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI