PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DIDUKUNG MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS IV SD KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

WENDA AYU WIDYANTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0090

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pada materi mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Balonggebang 2 dan 3, guru hanya ceramah tanpa menggunakan model maupun media. Kondisi ini mengakibatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan daur hidup hewan belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran Numbered Heads Together didukung Media Flipchart. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah memampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar dengan model pembelajaran NHT pada siswa kelas IV SDN Balonggebang 2 dan 3 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar dengan model pembelajaran NHT dan media Flipchart pada siswa kelas IV SDN Balonggebang 2 dan 3 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh antara menggunakan model pembelajaran NHT didukung media Flipchart dengan model pembelajaran NHT tanpa didukung media Flipchart terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Balonggebang 2 dan 3 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik Posttest- Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Balonggebang 2 dan 3. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumennya soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (6,224) > ttabel ( 2,660 ) dan nilai rata-rata kelas IV dengan model pembelajaran NHT tanpa didukung media flipchart (67,97) dan kelas IV dengan model pembelajaran NHT didukung media flipchart (82,66). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT didukung media Flipchart terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SD Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh sangat signifikan penggunaan model pembelajaran NHT didukung media Flipchart terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SD Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI