PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DIDUKUNG MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN TENTANG BERBAGAI TOPIK SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SDN SIDOMULYO KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ENDAH TRI SULISTIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0086

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana IV, siswa SDN Sidomulyo kesulitan untuk menyusun karangan yang didasarkan pada kemampuan siswa. Hal ini dikarenakan kurangnya penanaman materi kepada siswa secara rinci dan menyeluruh dan masih terlalu dangkal untuk dapat diterima oleh siswa, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai yaitu model pembelajaran Concept Sentence serta didukung media Flashcard supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalahnya sebagai berikut. (1) bagaimanakah kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana menggunakan model pembelajaran Concept Sentence tidak didukung media Flashcard pada siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dalam pembelajaran? (2) bagaimanakah kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana menggunakan model pembelajaran Concept Sentence didukung media Flashcard pada siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dalam pembelajaran? (3) adakah pengaruh model pembelajaran Concept Sentence didukung media Flashcard terhadap kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana pada siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dalam pembelajaran? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal subjektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan menyusun karangan topik sederhana tentang kegiatan sehari-hari menggunakan model pembelajaran Concept Sentence tidak didukung media Flashcard siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dikatakan belum berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya yang belum mencapai KKM, dengan nilai rata-rata kelas 72,75; (2) kemampuan menyusun karangan topik sederhana tentang kegiatan sehari-hari menggunakan model pembelajaran Concept Sentence didukung media Flashcard siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dikatakan sudah berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya di atas KKM dengan nilai rata-rata kelas 80; dan (3) ada pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Concept Sentence didukung media Flashcard terhadap kemampuan menyusun karangan topik sederhana tentang kegiatan sehari-hari siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 4,012 > 0,320.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI