Pengaruh Model Mind Maping Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Bagian-bagian Tubuh dan Kegunaannya Serta Cara Perawatannya Pada Siswa Kelas I SDN Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

RIZA SOFIATUN NAFIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0083

Abstract

ABSTRAK Riza Sofiatun Nafiah : Pengaruh Model Mind Maping didukung Media Gambar tehadap Kemampuan Mengenal Bagian-bagian Tubuh dan Kegunaannya serta Cara Perawatannya Pada Siswa Kelas I SDN Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : Model mind maping, media gambar, Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi dari peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, membosankan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan model menggunakan model dan media yang tepat. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya tanpa menggunakan model mind maping didukung media Gambar pada siswa kelas I SDN Mrican II Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaanya serta cara perawatannya dengan menggunakan model mind maping didukung media Gambar pada siswa kelas I SDN Mrican I Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh penggunaan model mind maping didukung media Gambar dibandingkan dengan tanpa menggunakan model mind maping didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaanya serta cara perawatannya pada siswa kelas I SDN Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain teknik True-Eksperimental Design. Menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Only Control Desain. Desain ini akan membandingkan hasil nilai dari kelompok eksperimen dan kontrol dimana kelompok eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Mrican I dan SDN Mrican II Kota Kediri dengan jumlah keseluruhan 70 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan butir pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan menggunakan MS.Excel 2007. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya tanpa menggunakan model mind maping didukung media gambar pada siswa kelas I SDN Mrican II Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 72,5 < (KKM 75) (2) Kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya dengan menggunakan model mind maping didukung media gambar pada siswa kelas I SDN Mrican I Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 81,42 > (KKM 75) (3) Terdapat pengaruh model mind maping didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya pada siswa kelas I SDN Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 2,391 > 1,99547 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI