PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG PADA SISWA KELAS V SDN BUJEL 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ENDANG WIDYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0082

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat, yaitu dengan model pembelajaran Think Talk Write didukung media audio visual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan model pembelajaran Think Talk Write didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Bujel 3 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Bujel 2 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Bujel 3 Kota Kediri Tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif.Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas V SDN Bujel 2 dan 3 yang berjumlah 40 siswa. Dengan analisis uji t menggunakan perhitungan SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Bujel 3 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016 dikategorikan “baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang mengalamai peningkatan. Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung 16,210 dan ttabel 2,093 dengan df 19, maka t hitung lebih besar dari pada ttabel (16,210 > 2,093) maka koefesien t sangat signifikan, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang denagn menggunakan model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Bujel 2 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016 dikategorikan “ kurang baik”. Hal ini terbukti dari nilai t hitung (13,943) > t tabel (2.023) pada taraf signifikan 5%” maka koefesien t sangat signifikan, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. (3) ”Terdapat pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Bujel 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. KATA KUNCI : Model Pembelajaran, Think Talk Write, Media Audio Visual, Mendeskripsikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI