PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA SUATU TEKS PADA SISWA KELAS V SDN SELOSARI 1 KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

PUJI EKA BRIHANTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0076

Abstract

ABSTRAK PUJI EKA BRIHANTARI: Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Suatu Teks pada Siswa Kelas V SDN Selosari 1 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menemukan gagasan utama siswa kelas V yang menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didomonasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut tampak dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil belajar rendah pula. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menemukan gagasan utama pada suatu teks tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SDN Selosari 1 (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan menemukan gagasan utama pada suatu teks dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SDN Selosari 1 (3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading andComposition (CIRC) terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V SDN Selosari 1 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen semu. Dengan bentuk desain Pre-Test and Post-Test Group Design. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Selosari 1 dan SDN Selosari 2 Kecamatan Kandat, SDN Selosari 1 sebagai kelas eksperimen, sedang siswa kelas V SDN Selosari 2 sebagai kelas kontrol. Analisa data menggunakan uji-t. Penelitian menggunakan instrumen berupa RPP dan soal pre test dan post test. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menemukan gagasan utama pada suatu teks tanpa menggunakan model Cooperative Integrated, Reading and Composition pada siswa kelas V SDN Selosari sudah baik. Rata-rata nilai siswa yaitu sebesar 74,4 dengan KKM 70 (2) Kemampuan menemukan gagasan utama pada suatu teks dengan menggunakan model Cooperative Integrated, Reading and Composition pada siswa kelas V SDN Selosari sangat baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai siswa sebesar 85,9 dengan KKM 70 (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Integrated, Reading and Composition terhadap kemampuan menemukan gagasan utama pada suatu teks pada siswa kelas V SDN Selosari. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan uji- t diperoleh t- hitung sebesar 3,506 dan t-tabel 5 % sebesar 2,0153 dengan db 44, maka t-hitung 3,506 > t tabel 5% 2,0153 sehingga signifikan. Dengan demikian, dapat ditemukan hasil pengujian hipotesis bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak pada taraf signifikan 5% yang berarti Ha diterima. Kata kunci: Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC), hasil belajar, menemukan gagasan utama suatu teks.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI