PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SUMBERJO I KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017 DALAM MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN
Author (Penulis)
DIAH LUTFITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0069
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Example Non Example dengan Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan kemampuan menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Sumberjo I Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Instrumen penelitian berupa tes dan observasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan model Example Non Example dengan Think Pair Share dapat membantu siswa dalam memahami materi sehingga diperoleh hasil belajar dan keaktifan siswa yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah sebesar 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%, juga terjadi peningkatan pada tingkat keaktifan siswa dari siklus I sebesar 60% menjadi 86,6% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Example Non Example dengan Think Pair Share membawa dampak positif dalam proses belajar mengajar.
KATA KUNCI : model Example Non Example, Think Pair Share, hasil belajar, keaktifan, sumber daya alam