PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN BANGSAL 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Author (Penulis)
ARFINA CANDRANINGTIAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0066
Abstract
ARFINA CANDRANINGTIAS: Pengaruh Penggunaan Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Mengenal Aktivitas Ekonomi yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV SDN Bangsal 1 Kediri Tahun Ajaran 2015 / 2016, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Bangsal 1 yang menunjukkan bahwa kurang antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai KKM siswa yang masih dibawah rata- rata. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dengan memilih model pembelajaran yang dianggap sesuai yaitu model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam pada pelajaran IPS tanpa penggunaan model Picture and Picture siswa kelas IV SDN Bangsal 1 Kediri tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam pada pelajaran IPS dengan menggunakan model Picture and Picture siswa kelas IV SDN Bangsal 1 Kediri tahun ajaran 2015/2016. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Picture and Picture terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam siswa kelas IV SDN Bangsal 1 Kediri tahun ajaran 2015/2016.