PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA SISWA KELAS IV SDN SIDOWAREK II KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

WAHYU PUSPITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0063

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam pembelajaran ketika guru menyampaikan sebuah pelajaran kepada bermacam-macam kelompok, ada beberapa siswa dalam kelompok yang kurang memahami pelajaran yang disampaikan. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki tingkat pengetahuan dan kemampuan yang berbeda-beda. Siswa lainnya yang mungkin sudah mengerti materi tersebut atau bisa mempelajarinya dengan sangat cepat sehingga waktu mengajar yang dihabiskan bagi mereka hanya membuang waktu. Selain itu masalah yang sering terjadi ketika guru menerapkan pembelajaran kooperatif, banyak siswa yang cenderung memilih anggota kelompok yang memiliki kemampuan sama dan siswa cenderung memiliki sifat egois. Pembelajaran kooperatif yang sering diterapkan guru kurang mengatasi masalah heterogenitas para siswa dalam satu kelas. Permasalahan penelitian ini adalah 1)Bagaimanakah kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya tanpa menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada siswa Kelas IV SDN Sidowareg 2 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016. 2) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada siswa Kelas IV SDN Sidowareg 2 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016?. 3)Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa Kelas IV SDN Sidowareg 2 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016 ? Teknik penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik penelitian eksperimental. Sampel penelitian kelas eksperimen yaitu keseluruhan populasi yang ada di kelas IV SDN Sidowareg 2 sejumlah 29 siswa. Dan kelas kontrol yaitu keseluruhan populasi yang ada di kelas IV SDN Sidowareg 1 sejumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai posttest dari 22 siswa pada kelas IV SDN Sidowareg 1 (kontrol) yaitu diperoleh nilai rata-rata 68,9 dan pada kelas IV SDN Sidowareg 2 (eksperimen) yaitu diperoleh nilai rata-rata 83,9. Berdasarkan nilai analisis menggunakan uji t-tes pada hipotesis 3 diperoleh nilai thitung > ttabel (4,119 > 2,010) maka, Ho ditolak Ha diterima pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016. KATA KUNCI : Model pembelajaran Team Assisted Individualization, Kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI