PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA BAGAN TERHADAP PENGUASAAN MATERI MENGENAL LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT SISWA KELAS IV SDN PURWOKERTO 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
VUNDA PUNIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0054
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA BAGAN TERHADAP PENGUASAAN MATERI MENGENAL LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT SISWA KELAS IV SDN PURWOKERTO 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
VUNDA PUNIKASARI
NPM. 12.1.01.10.0054
Email: Vunda.Punika@gmail.com
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Prodi PGSD
Dr. Subardi Agan, M.Pd. dan Abdul Aziz Hunaifi, S.S, M.A.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, pada pembelajaran materi mengenal lembaga – lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, bahwa siswa kelas IV SDN Purwokerto 1 Ngadiluwih Kediri masih mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan kegiatan mengajar di sekolah masih menggunakan metode ceramah. Dengan adanya permasalah tersebut, diperlukan adanya model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakter materi yang disampaikan.
Dengan demikian diambil tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat tanpa menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping dan tanpa didukung media bagan (2) Mendeskripsikan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping didukung media bagan (3) Menjelaskan pengaruh signifikan penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping didukung media bagan dalam meningkatkan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Purwokerto 1 Ngadiluwih Kediri dan teknik penelitian Pre-Test and Post-Test Group Nonrandomized. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pre tes dan post tes. Soal tersebut diberikan kepada kelas IV A dan IV B.
Analisis data yang digunakan adalah statistic inferensial dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mendeskripsikan dalam mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat tanpa menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping dan tanpa media bagan (2) Kemampuan mendeskripsikan dalam mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping didukung media bagan (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping didukung media bagan dalam meningkatkan kemampuan mengenal lembaga – lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Mind Mapping, media bagan, penguasaan materi mengenal lembaga – lembaga negara.