Pengaruh Metode Eksperimen Didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Dampak Perubahan Lingkungan Fisik Daratan Pada Siswa Kelas IV SDN Bungur 3 Kec. Karangrejo Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016
Author (Penulis)
RIYA RISDYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0049
Abstract
PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAMPAK PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DARATAN PADA SISWA KELAS IV SDN 3 BUNGUR KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016
Riya Risdyana
12.1.01.10.0049
FKIP - PGSD,
ria.riris.rr@gmail.com
Drs.Yatmin, M.Pd., Drs.Bambang Soenarko,M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran IPA di SD yang masih didominasi oleh peran guru. Serta kegiatan pembelajaran yang selalu menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik daratan menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode eksperimen.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah Metode Eksperimen didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik daratan pada siswa kelas IV SDN 3 Bungur Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah Metode Eksperimen tanpa didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik daratan pada siswa kelas IV SDN 3 Bungur Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan Metode Eksperimen di dukung media realia dibanding dengan Metode Eksperimen tanpa di dukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik daratan pada siswa kelas IV SDN 3 Bungur Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 3 Bungur yakni kelas IVa (kelompok eksperimen) dan kelas IVb (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah uji t.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode eksperimen didukung media realia sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik daratan, hal ini terbukti dari nilai thitung (4,377) > ttabel 1% (2,861). Dengan ketuntasan klasikal 86,25%. (2) Penggunaan metode eksperimen tanpa didukung media realia sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik daratan hal ini terbukti dari nilai thitung (3,943) > ttabel 1% (2,861). Dengan ketuntasan klasikal 38%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan metode eksperimen didukung media realia dibanding metode eksperimen tanpa didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik daratan pada siswa kelas IV SDN 3 Bungur Kabupaten Tulungagung dengan keunggulan pada metode eksperimen didukung media realia. Hal ini terbukti dari nilai thitung (3,501) > ttabel 1% (2,704), dan hasil perbandingan rerata kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol adalah 87,00>72,75.
Kata kunci: metode eksperimen didukung media realia, kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fiik daratan.