PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PERHITUNGAN YANG BERKAITAN DENGAN UANG PADA SISWA KELAS III SDN NGRAWAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

WAHYU LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0044

Abstract

ABSTRAK Wahyu Lestari, Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example dengan Metode Demonstrasi didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Memecahkan masalah Perhitungan Yang Berkaitan dengan Uang Pada Siswa Kelas III SDN Ngrawan Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juni 2016. Kata kunci : model pembelajaran Example non example, Kemampuan Memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaiamana kemampuan siswa dalam memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang dengan menggunakan model konvensional (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang menggunakan model pembelajaran example non example (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunakan model konvensional penggunaan model pembelajaran Example non Example terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang? Penelitian ini menggunakan tehnik t quasi eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest – Postest Group Kontrol Tidak Secara Random (Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design) dan pendekatanya adalah kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Ngrawan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan dalam memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan ketuntasan terhadap KKM 70 % (2) Kemampuan dalam memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang menggunakan model pembelajaran Example non example dengan ketuntasan terhadap KKM sebesar 95 % (3) Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan ”ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran konvensional dan model pembelajraan Example non example terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang Hal ini dapat diketahui dari Asymp. Sig( 2-tailed) < taraf signifikan (0.038 < 0.05) Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : Melalui penggunaan model pembelajaran Example non example dapat meningkatkan pemamahan materi pembelajaran. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksanaan pembelajaran harus menggunakan proses yang mendukung tercapainya kegiatan pembelajaran. Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah model example non example dengan metode demonstrasi didukung media visual sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI