Pengaruh Metode Everyone Is Teacher Here didukung media gambar terhadap Kemampuan Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat Pada Siswa Kelas IV SDN Pandan Sari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016.


Author (Penulis)

FADILLAH PARAMUDITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0042

Abstract

ABSTRAK Fadillah Paramuditasari: Pengaruh Metode Everyone Is Teacher Here didukung media gambar terhadap Kemampuan Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat Pada Siswa Kelas IV SDN Pandan Sari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Januari 2017. Kata kunci: Metode Everyone Is Teacher Here didukung media gambar terhadap Kemampuan Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat. Penelitian ini dilatar belakangi dalam penyampaian materi pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga minat belajar siswa kurang, selain itu guru kurang berinteraksi dalam pembelajaran, kendala yang lainnya adalah penggunan metode juga masih kurang bervariasi sehingga siswa kurang berminat untuk memahami materi. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat menggunakan metode Everyone Is Teacher here tanpa didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Pandan Sari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016? (2) Bagaimana kemampuan menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat menggunakan metode Everyone Is Teacher here didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Pandan Sari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016? (3) Adakah pengaruh penggunaan metode Everyone Is Teacher Here didukung media gambar terhadap kemampuan menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Pandan Sari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Pandan Sari. Desain penelitian yang digunakan yaitu post test only control design. Teknik analisis analisis One-Sample T-Test dengan bantuan program komputer SPSS 16,0 for Windows. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menyebutkan organisasi tingkat pusat dengan menerapkan metode Everyone is Teacher here tanpa didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Pandan Sari tahun ajaran 2015-2016 belum mampu mencapai KKM, berdasarkan nilai rata-rata siswa adalah 68,8. (2) Kemampuan menyebutkan organisi tingkat pusat dengan menerapkan metode Everyone is Teacher here didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Pandan Sari tahun ajaran 2015-2016, sudah mampu memenuhi KKM dengan nilai rata-rata siswa adalah 78,4 (3) Ada pengaruh yang signifikan menggunakan metode Everyone is Teacher here didukung media gambar terhadap kemampuan menyebutkan organisasi tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Pandan Sari tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (48.368 ? 2.021).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI