PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN KABUPATEN/KOTA PADA SISWA KELAS IV SDN GURAH I KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
IRMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0040
Abstract
ABSTRAK
Irmayanti. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Kenampakan Alam di Lingkungan Kabupaten/Kota Pada Siswa Kelas IV SDN Gurah I Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Mendeskripsikan Kenampakan Alam Di Lingkungan Kabupaten/Kota
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Perlu adanya variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ kota menggunakan model STAD didukung dengan media audio visual pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. 2) untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ kota menggunakan model STAD tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. 3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ kota pada siswa yang menggunakan model Student Teams Achievement Division didukung dengan media audio visual dengan siswa yang menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa didukung Media audio visual pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subyek penelitian keseluruhan siswa kelas IV SDN Gurah I Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri yang berjumlah 40 siswa, siswa kelas IV A 20 siswa sedangkan kelas IV B berjumlah 20 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes evaluasi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain tes akhir bagi dua kelompok setara.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh perhitungan menggunakan uji-t diperoleh signifikan (2-tailed) = 0,000 < 0,05 (untuk taraf signifikan 5%), maka H0 ditolak H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa: ada perbedaan kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ kota pada siswa yang menggunakan model Student Teams Achievement Division didukung dengan media audio visual dengan siswa yang menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa didukung Media audio visual pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016”.
Diharapkan hasil penelitian disarankan bagi guru dapat dijadikan sebagai umpan balik dan pertimbangan dalam memilih media dan model pembelajaran yang tepat dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.