PENGARUH MODEL CTL DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN DI DAERAHNYA PADA SISWA KELAS IV SDN DANDANGAN 2 TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

SONYA WICITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0034

Abstract

ABSTRAK Sonya Wicita : Pengaruh model CTL didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa klas IV SDN 2 Dandangan tahun pelajaran 2016-2017, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi yang dilakukan oleh peneliti, rendahnya hasil pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena siawa tidak dapat memahami materi dalam KBM, guru jarang menggunakan strategi dan model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam KBM. Permasalahan penelitian ini (1) Apakah model CTL tanpa media video berpengaruh terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2? (2) Apakah model CTL didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh model CTL tanpa media video dibandingkan penggunaan model CTL didukung media video terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian siswa kelas IV SDN Dandangan 2. Instrumen yang digunakan berupa Silabus, RPP, lembar validasi, dan hasil belajar siswa Analisis dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif dan inferensial yang menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis diketahui Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak. Nilai rata-rata kelas kontrol (68,65) < KKM (70) dan nilai rata-rata kelas eksperimen (81,70). Artinya ada pengaruh model CTL didukung media video terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2. Kesimpulan dari penelitian ini (1) Pengaruh model CTL tanpa media video terhadap kemampuan siswa mengenal aktivitas ekonomi, siswa kelas IV SDN Dandangan 2 kota Kediri kurang, hal ini dibuktikan dengan 25,5% siswa belum mencapai KKM 70, dengan ketuntasan klasikal 74,5% (2) Pengaruh model CTL didukung media video terhadap kemampuan siswa dalam mengenal aktivitas ekonomi dinyatakan bahwa siswa kelas IV SDN Dandangan 2 kota Kediri mampu hal ini dibuktikan dengan 8,5% siswa belum mencapai KKM 70, dengan ketuntasan klasikal 91,5% (3) Model CTL didukung media video dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya materi tentang mengenal aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2. KATA KUNCI :Model Pembelajaran CTL, media video dan Kemampuan Mengenal Aktivitas Ekonomi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI