PENGARUH MODEL CTL DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN DI DAERAHNYA PADA SISWA KELAS IV SDN DANDANGAN 2 TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
SONYA WICITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0034
Abstract
ABSTRAK
Sonya Wicita : Pengaruh model CTL didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal
aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa
klas IV SDN 2 Dandangan tahun pelajaran 2016-2017, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi yang dilakukan oleh peneliti, rendahnya hasil
pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena siawa tidak dapat memahami materi dalam KBM, guru
jarang menggunakan strategi dan model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam
KBM.
Permasalahan penelitian ini (1) Apakah model CTL tanpa media video berpengaruh terhadap
kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2? (2) Apakah model CTL didukung media video
berpengaruh terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya
alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2? (3) Apakah ada perbedaan
pengaruh model CTL tanpa media video dibandingkan penggunaan model CTL didukung media
video terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan
potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian siswa kelas IV SDN
Dandangan 2. Instrumen yang digunakan berupa Silabus, RPP, lembar validasi, dan hasil belajar siswa
Analisis dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif dan inferensial yang menggunakan uji-t
pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis diketahui Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak.
Nilai rata-rata kelas kontrol (68,65) < KKM (70) dan nilai rata-rata kelas eksperimen (81,70). Artinya
ada pengaruh model CTL didukung media video terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi
yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN
Dandangan 2.
Kesimpulan dari penelitian ini (1) Pengaruh model CTL tanpa media video terhadap
kemampuan siswa mengenal aktivitas ekonomi, siswa kelas IV SDN Dandangan 2 kota Kediri kurang,
hal ini dibuktikan dengan 25,5% siswa belum mencapai KKM 70, dengan ketuntasan klasikal 74,5%
(2) Pengaruh model CTL didukung media video terhadap kemampuan siswa dalam mengenal aktivitas
ekonomi dinyatakan bahwa siswa kelas IV SDN Dandangan 2 kota Kediri mampu hal ini dibuktikan
dengan 8,5% siswa belum mencapai KKM 70, dengan ketuntasan klasikal 91,5% (3) Model CTL
didukung media video dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS khususnya materi tentang mengenal aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam
dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Dandangan 2.
KATA KUNCI :Model Pembelajaran CTL, media video dan Kemampuan Mengenal Aktivitas
Ekonomi.