PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA KELAS V SDN KLURAHAN KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ARIZKI PUTRI ANGGRAHENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0027

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN Klurahan masih menggunakan model ceramah, dan guru dirasakan kurang menarik peserta didik sehingga siswa merasa bosan, pasif, siswa hanya mendengarkan dan tidak memperhatikan selama proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa kurang memahami materi yang diajarkan sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Terkait hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan model pembelajaran TTW, dengan membandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada kelas V SDN Klurahan I dan Klurahan II. Jenis penelitian ini adalah penelitian pretest-postest dengan menggunakan rancangan “Nonenquivalent Control Group Desain”. Populasi peneliti ini adalah siswa kelas V SDN Klurahan I dan SDN Klurahan II Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah keselurahan siswa 41 siswa. Sampel penelitian ditetapkan pada SDN Klurahan I sejumlah 21 siswa sedangkan SDN Klurahan II sejumlah 20 siswa dan ditentukan dengan random sampling. Data tentang kemampuan belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Adapun analisis data yang menggunakan uji t berdasarkan taraf signifikansi 5%. Dari data hasil perhitungan uji t diperoleh Sig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan dan Ho ditolak. artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara model pembelajaran langsung dan menggunakan model pembelajaran TTW yaitu dengan rata-rata 60.00. Dan setelah itu menggunakan model pembelajaran TTW rata-ratanya menjadi 80.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Klurahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil postest dengan rata-rata 60.00 dan hasil posttest 80.00. Kata Kunci: Model TTW, Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI