PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN LIRBOYO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

FATIMATUL ZAHRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0024

Abstract

ABSTRAK FATIMATUL ZAHRO :Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Lirboyo Kota Kediri Tahun 2015-2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci : Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Mengidentifikasi jenis-jenis tanah. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa pasif. Dengan adanya variasi model dan media pembelajaran guru belum bisa melaksanakan maksimal. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah dengan menggunakan model konvensional (2) untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V SDN Lirboyo 2 dan IV yang berjumlah 27 siswa dan 33 siswa. Penelitian ini berfokus pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa pretest dan posttest. Untuk membandingkan hasil antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan posttest. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan tehnik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil posttest, ada perbedaan yang signifikan dari hasil rata-rata kelas kontrol dan hasil rata-rata kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat pada hasil Post Test kelas kontrol yaitu dari 33 siswa diperoleh hasil belajar rata-rata kelas 70,30 dengan hasil belajar maksimum 100 dan minimum 45. Dengan nilai KKM 75, ada 13 siswa yang memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Sedangkan pada hasil Post Test kelas eksperimen dari 27 siswa diperoleh hasil belajar rata-rata 84,26 dengan hasil belajar maksimum 100 dan minimum 50. Dengan nilai KKM 75, ada 3 siswa yang yang memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Lirboyo Kota Kediri tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa siswa dalam mengikuti proses pembelajaran tidak hanya membutuhkan penyampaian yang diberikan oleh guru saja, namun guru juga harus memberikan suatu pelajaran yang harus memberikan suatu pelajaran yang membuat siswa lebih kreatif, aktif, dan antusias.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI