PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM STRATEGI GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN CAMPUREJO 2 TAHUN 2015 / 2016
Author (Penulis)
TITIS RIA RANITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0020
Abstract
ABSTRAK
Titis Ria Ranitasari: Pengaruh Media Gambar Dalam Strategi Guided Discovery Terhadap Kemampuan Mendiskripsikan Energi Panas Dan Bunyi Serta Sifat-sifatnya Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN Campurejo 2 Tahun 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016.
Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah pemilihan strategi pembelajaran dan media yang sesuai. Pengajaran tanpa adanya media dalam proses pembelajaran IPA menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya menggunakan media gambar dan tanpa media dalam strategi guided discovery pada kelas IV SDN Campurejo 2 Tahun 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan secara eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Campurejo 2. Kelas A sebanyak 20 siswa diajar dengan menggunakan media gambar dalam strategi guided discovery, dan kelas B sebanyak 20 siswa diajar tanpa menggunakan media dalam strategi guided discovery.
Parameter yang diukur adalah rata-rata dan ketuntasan hasil belajar. Rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dalam strategi guided discovery berturut-turut 80,20 dan 90% lebih baik dari pada siswa yang diajar tanpa media dalam strategi guided discovery yaitu 65,20 dan 90%.
Kata Kunci: media gambar, strategi guided discovery, hasil belajar.