PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN BANJARAN II KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MOHAMAD IMAM SUBEKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0019
Abstract
ABSTRAK
MOHAMAD IMAM SUBEKI:Pengaruh model Student Facilitator and Explaining didukung media
audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV
SDN Banjaran 2 Kota Kediri tahun 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNPGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan penelitian, bahwa pada materi
mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IVkesulitan untuk mendeskripsikan
perubahan kenampakan bumi. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum
menentukan model dan media yang tepat untuk materi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
sehingga siswa kesulitan untuk menguasai materi ajar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah
tersebut dibutuhkan model student facilitator and explaining agar tujuan pembelajarannya tercapai.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai
berikut: (1) apakah model student facilitator and explaining tanpa didukung media audio visual
berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV
SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016? (2) apakah model student facilitator and explaining
didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan
kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016? (3) apakah
ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model student facilitator and explaining didukung
media audio visual dibanding dengan model student facilitator and explaining tanpa didukung media
audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV
SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-posttest control group design.
Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya
pedoman penugasan siswa yaitu tes uraian.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan
bumi dengan menggunakan model student facilitator and explaining tanpa didukung media audio
visual pada siswa kelas IV SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016didapatkan hasil yang
kurang baik (2)kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan
model student facilitator and explaining didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN
Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016didapatkan hasil yang baik (3) ada perbedaan pengaruh
sangat signifikan antara model student facilitator and explaining didukung media audio visual
dibanding dengan model student facilitator and explaining tanpa didukung media audio visual
terhadapkemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN
Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016
KATA KUNCI :Student Facilitator and Explaining, media audio visual, kemampuan
mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.