PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN BANJARAN II KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MOHAMAD IMAM SUBEKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0019

Abstract

ABSTRAK MOHAMAD IMAM SUBEKI:Pengaruh model Student Facilitator and Explaining didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Banjaran 2 Kota Kediri tahun 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNPGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan penelitian, bahwa pada materi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IVkesulitan untuk mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menentukan model dan media yang tepat untuk materi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi sehingga siswa kesulitan untuk menguasai materi ajar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model student facilitator and explaining agar tujuan pembelajarannya tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) apakah model student facilitator and explaining tanpa didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016? (2) apakah model student facilitator and explaining didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016? (3) apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model student facilitator and explaining didukung media audio visual dibanding dengan model student facilitator and explaining tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-posttest control group design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya pedoman penugasan siswa yaitu tes uraian. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan model student facilitator and explaining tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016didapatkan hasil yang kurang baik (2)kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan model student facilitator and explaining didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016didapatkan hasil yang baik (3) ada perbedaan pengaruh sangat signifikan antara model student facilitator and explaining didukung media audio visual dibanding dengan model student facilitator and explaining tanpa didukung media audio visual terhadapkemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Banjaran II Kota Kediri Tahun 2015/2016 KATA KUNCI :Student Facilitator and Explaining, media audio visual, kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI