PENGARUH MODEL BAMBOO DANCING DIDUKUNG MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA KELAS III SDN GEBANG KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

WULAN WIDHIA NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0014

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya tanpa menggunakan model Bamboo Dancing didukung media Flashcard pada siswa kelas III SDN Gebang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2015-2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya menggunakan model Bamboo Dancing didukung media Flashcard pada siswa kelas III SDN Gebang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2015-2016? (3) Apakah ada perbedaan antara yang tanpa menggunakan model Bamboo Dancing didukung media Flashcard dengan menggunakan model Bamboo Dancing didukung media Flashcard terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya siswa kelas III SDN Gebang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2015-2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas III SDN Gebang yang terbagi dalam dua kelas dengan jumlah siswa masing-masing 18 dan 22, jadi total populasi dalam penelitian ini jadi tital populasi dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100, yakni 50 siswa maka penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest dan postest yaitu 60,91 dan 74,09. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest dan postest 66,11 dan 85,00. Berdasarkan hasil analisis data dengan menguji hipotesis postest pada kelas control dan eksperimen, didapatkan hasil t-hitung > t-tabel, 4,336 > 2,021 (taraf signifikan 5%). Dengan demikian antara yang tanpa menggunakan model Bamboo Dancing didukung media flashcard dengan menggunakan model Bamboo Dancing didukung media flashcard ada perbedaan atau memiliki pengaruh yang berbeda. Saran dari peneliti yaitu guru sebagai pendidik harus terus berinovasi dan kreatif dalam penggunaan model dan media dalam proses pembelajaran. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, kondusif dan efektif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI