PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT DAN UNSURNYA PADA SISWA KELAS 3 SDN GAMPENG KECAMATAN NGLUYU KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
NUZULUL SALEKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0013
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT DAN UNSURNYA PADA SISWA KELAS III SDN GAMPENG KECAMATAN NGLUYU KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016
Nuzulul Saleka
12.1.01.10.0013
FKIP - PGSD
Saleka10@gmail.com
Drs. Heru Budiono, M.Pd, Nur Salim, S,Pd., M.H
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Nuzulul Saleka:Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Bangun Datar Sederhana Menurut Sifat dan Unsurnya Pada Siswa Kelas III SDN Gampeng Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Oktober 2016.
Kata kunci: Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Bangun Datar Sederhana Menurut Sifat dan Unsurnya.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya tanpa model RME (Realistic Mathemathic Education) di dukung media gambar pada siswa kelas III SDN Gampeng Tahun Ajaran 2015/2016?(2) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya dengan menggunakan model RME (Realistic Mathemathic Education) di dukung media gambar pada siswa kelas III SDN Gampeng Tahun Ajaran 2015/2016?(3) Adakah pengaruh menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathemathic Education) di dukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya pada siswa kelas III SDN Gampeng Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Gampeng.Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest – Postest Group Kontrol Secara Random.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa kelas III SDN Gampeng Tahun Ajaran 2015/2016 yang tanpa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education memiliki ketuntasan KKM 64% dan 36% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Untuk nilai rata-rata setelah diberikan postest 77.10 (2) Kemampuan siswa kelas III SDN Gampeng Tahun Ajaran 2015/2016 yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education di dukung media gambar memiliki ketuntasan KKM 99,375% dan 0,625% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Untuk nilai rata-rata setelah diberikan postest 84.80. Maka dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III dalam melakukan operasi perkalian (3) Setelah diketahui dari hasil analisis data nilai thitung 3.516 > ttabel 1.686 , berarti h0 ditolak dan ha diterima, maka dapat disimpulkan ”ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Realistic Mathematic Education di dukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya pada siswa kelas III SDN Gampeng”.