ANALISIS KESESUAIAN ANTARA BUKU TEKS SISWA TEMATIK TERPADU TEMA BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR SD/MI KELAS V DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
Author (Penulis)
ADFILA PANDU PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0011
Abstract
ABSTRAK
Adfila Pandu Putra: Analisis Kesesuaian Antara Buku Teks Siswa Tematik Terpadu Tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar SD/MI Kelas V Dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri. 2016.
Kata Kunci: Kesesuaian, Buku Teks Siswa, Tematik Terpadu, Kompetensi Dasar, Kurikulum 2013.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan buku teks oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Buku teks yang digunakan oleh guru dan siswa ini harus relevan dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada kenyataannya, buku teks yang digunakan oleh guru atau siswa ini, belum diketahui tingkat kesesuaiannya dengan kompetensi dasar 2013, karena kurikulum ini masih terbilang baru. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk menganalisis kesesuaian buku teks dengan kompetensi dasar 2013.
Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1)Apakah buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 1 tentang Wujud Benda dan Cirinya sesuai dengan kompetensi dasar kurikulum 2013?. (2) Apakah buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 2 tentang Perubahan Wujud Benda sesuai dengan kompetensi dasar kurikulum 2013?. (3) Apakah buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 3 tentang Manusia dan Lingkungan sesuai dengan kompetensi dasar kurikulum 2013?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneli-tian deskriptif. Dalam pembahasannya dideskripsikan dan dijabarkan tentang kesesuaian buku teks tematik terpadu pada kompetensi dasar 2013.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, membaca buku teks tematik terpadu, mengidentifikasi kesesuaian buku teks tematik terpadu dengan kompetensi dasar 2013, mengklasifikasi data hasil penelitian, menganalisis data yang sudah diklasifikasi, menjelaskan kesesuaian buku teks dengan kompetensi dasar, menghitung persentase kesesuaian data.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. (1) Buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 1 tentang Wujud Benda dan Cirinya, sudah sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase skor sebesar 96,30 % dan termasuk dalam kriteria sangat sesuai. (2) Buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 2 tentang Perubahan Wujud Benda, sudah sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase skor sebesar 96,83 % dan termasuk dalam kriteria sangat sesuai. (3) Buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 3 tentang Manusia dan Lingkungan, sudah sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase skor sebesar 96,83 % dan termasuk dalam kriteria sangat sesuai.