PENGARUH MODEL TIME TOKEN DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI SERTA SIFAT-SIFATNYA KEPADA SISWA KELAS IV SDN CAMPUREJO 2 KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2016


Author (Penulis)

EVATUL NUR FAIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0004

Abstract

ABSTRAK Evatul nur faidah : Pengaruh Model time token Di Dukung Media Realia Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi Serta Sifat-sifatnya Pada Siswa Kelas IV SDN Campurejo 2, tahun ajaran 2015-2016, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: Model time token, media realia, energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya, kemampuan mendeskripsikan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional, kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran dan media yang tepat untuk digunakan yaitu model time token dan media realia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model picture non picture didukung media dapat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Campurejo2? (2) Apakah model example non example didukung media gambar dapat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2? (3) Apakah model time token tanpa didukung penggunaan media realia dapat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-posttest Control Group Design dan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Campurejo 2 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran time token didukung media realia dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran time token tanpa didukung media realia. Data-data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penemuan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan Model Time Token didukung media realia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016, hal ini terbukti dari nilai thitung (5,033) > ttabel 1% (2,518) dengan ketuntasan klasikal 78,85% (2) Penggunaan Model Time Token tanpa didukung media realia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat sifatnya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016, hal ini terbukti dari nilai thitung (3,402) > ttabel 1% (2,518) dengan ketuntasan klasikal 35,2% (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model Time token didukung media realia dibanding model Time token tanpa didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, hal ini terbukti dari nilai thitung (4,889) > ttabel 1% (2,418) dengan keunggulan pada model time token didukung media realia, hal ini terbukti dari nilai rerata postest pada penggunaan model time token didukung media realia dari rerata postest kelompok eksperimen 84,13 lebih besar dari nilai rerata posttest pada kelompok kontrol 61,64.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI