SURVEY MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi pada siswa SMKN 1 Tanjunganom Kab. Nganjuk kelas XI tahun ajaran 2015/2016)


Author (Penulis)

Rafif Helmy Rahmawan
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0359

Abstract

Abstrak Rafif Helmy Rahmawan. Survey Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Studi pada siswa SMKN 1 Tanjunganom Kab. Nganjuk kelas XI tahun ajaran 2015/2016), Skripsi, Jurusan PENJASKESREK. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : Survey, Minat, Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti bahwa olahraga sangatlah penting bagi manusia dalam hal ini adalah siswa. Dengan berolahraga dapat membentuk siswa yang sehat jasmani dan rohani. Sehingga semua siswa disarankan untuk aktif mengikuti pelajaran Penjasorkes di sekolah. Karena mata pelajaran Penjasorkes mengajarkan tentang pola hidup sehat, kreatif dalam beraktivitas dan cakap dalam melakukan sesuatu. Permasalahan penelitian adalah bagaimana minat siswa-siswi kelas XI saat mengikuti mata pelajaran penjasorkes di SMKN 1 Tanjung Anom? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifguna menentukan frekuensi dan presentase jawaban serta memperoleh informasi tentang minat siswa kelas XI terhadap mata pelajaran Penjasorkes di SMKN 1 Tanjunganom. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Korelasional. Rancangan penelitian ini dengan menggunakan angket/ kuisioner dimana angket tersebut sebagai alat untuk mengukur bagaimana minat siswa terhadap mata pelajaran Penjasorkes. Di dalam angket terdapat beberapa soal pertanyaan tentang bagaimana minat siswa terhadap mata pelajaran Penjasorkes. Semua indikator yang telah diteliti terkait dengan minat siswa kelas XI terhadap mata pelajaran Penjasorkes masuk ke dalam kreteria Tinggi. Indikator perbuatan sebesar 77,64 %,indikator perasaan sebesar 78,09 %, indikator sikap guru sebesar 74,56 % dan fasilitas belajar sebesar 75,42 %. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa setiap indikator memiliki kriteria nilai yang tinggi sehingga dapat dikatakan siswa kelas XI SMKN 1 Tanjunganom memiliki minat yang tinggi terhadap mata pelajaran Penjasorkes. Berdasrkan hasil penelitian ini, disarankan: sekolah agar meningkatkan kelengkapan sarana dan prasarana, diharapkan guru penjasorkes lebih berinofasi menggunakan metode dan media pembelajaran yang sangat fariatif agar siswa tetap dan bahkan lebih tertarik lagi dengan materi. Sedangkan untuk siswa mempertahankan minat terhadap mata pelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan agar dapat hasil yang baik bagi siswa tersebut.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI