PENGARUH SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN OLAHRAGA DI SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

ROY KRISNA P.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0027

Abstract

Abstrak ROY KRISNA PREHHARJO: Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Olahraga SMK TI PELITA NUSANTARA Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Jurusan PENJASKESREK. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : Sarana dan prasarana, motivasi terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Permasalahan penelitian adalah : Bagaimana motivasi siswa kelas XI terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga di SMK TI PELITA NUSANTARA Kediri ? Tujuan penelitian : Pengaruh sarana dan prasarana terhadap motivasi belajar siswa kelas XI mata pelajaran olahraga SMK TI PELITA NUSANTARA Kediri. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK TI PELITA NUSANTARA Kediri yang berjumlah 60 siswa. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel dari sebagian populasi siswa kelas XI SMK TI PELITA NUSANTARA Kediri yang berjumlah 2 kelas, yaitu kelas XI TKJ I dan XI TKJ II. Variabel penelitian ini adalah motivasi belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala motivasi dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor motivasi pada diri siswa kelas XI SMK TI PELITA NUSANTARA Kediri mampu mempengaruhi motivasinya terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga dalam kategori tinggi (71,67%), sangat tinggi (20,00%), sedang (8,33%), sedangkan kategori rendah dan sangat rendah (0%). Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain : 1) Bagi siswa hendaknya dapat mempertahankan derajat kesehatan, perhatian, minat, dan bakatnya yang telah mampu mempengaruhi motivasinya terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga yang tinggi sebagai upaya pengembangan aspek fisik, psikomotor, kognitif dan psikis/afektif pada dirinya, 2) Bagi guru hendaknya dapat mempertahankan metode mengajarnya yang telah baik serta selalu berinovasi dalam penggunaan metode mengajar maupun sarana prasarana yang ada disekolah agar mampu memotivasi siswa lebih aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dan 3) Bagi sekolah diharapkan untuk senantiasa berusaha meningkatkan sarana dan prasarana dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan jasmani dan olahraga saat ini. Berdasarkan hasil penilitian dan pembahasan, maka dapat diambil suatu simpulan sebagai berikut : Faktor motivasi pada diri siswa kelas XI TKJ I dan IX TKJ II SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI tahun 2016/2017 mampu mempengaruhi motivasi terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga dalam kategori tinggi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI