MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER BOLAVOLI DI SMPN 2 GURAH TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

EVIN SYAM BACHTIAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0020

Abstract

Abstrak Evin Syam Bachtiar: Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Bolavoli Di SMPN 2 Gurah Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Minat, Mengikuti, Ekstrakulikuler, Bolavoli. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa permainan bolavoli merupakan cabang olahraga yang makin banyak digemari oleh masyarakat utamanya kalangan pelajar dan mahasiswa. Melalui kegiatan olahraga bolavoli ini banyak kalangan remaja memperoleh manfaat khususnya dalam pertumbuhan fisik, mental, dan sosial. Kegiatan ekstrakulikuler khususnya olahraga adalah sebagai sarana guna tercapainya tujuan, baik penyaluran bakat, maupun untuk menjadi seseorang pemain yang baik. Dalam kegiatan ini banyak terkandung nilai-nilai dan memiliki aspek penting, seperti disiplin, keberanian, tolong menolong, kerjasama, pembinaan hidup sehat, keterampilan, dan percaya diri sendiri. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Aspek apa sajakah yang membuat siswa tertarik mengikuti kegiatan ekstrakulikuler bolavoli? (2) Mengukur seberapa besar minat siswa berdasarkan aspek-aspek yang mempengaruhi siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler bolavoli? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler bolavoli di SMPN 2 Gurah. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian survey yaitu menggunakan angket atau kuesioner. Pengambilan data penelitian dilakukan pada bulan nopember di SMPN 2 Gurah. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat 7 aspek atau indikator yang terdapat dalam angket yang mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler bolavoli yaitu, lingkungan, orang tua, pergaulan, sekolah, sarana prasarana, pelatih dan keinginan/kemauan. (2) Presentase dari setiap aspek tersebut adalah aspek/indikator lingkungan sebesar 77,08%, aspek/indikator orang tua sebesar 73,12%, aspek/indikator pergaulan sebesar 65,83%, aspek/indikator sekolah sebesar 90,56%, aspek/indikator sarana dan prasarana sebesar 82,50%, pelatih sebesar 84,04%, aspek/indikator keinginan/kemauan sebesar 66,80%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dapat direkomendasikan: (1) memberikan informasi terhadap pendidik dan calon pendidik mengenai minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler bolavoli sehingga bisa menyajikan proses latihan yang menarik dan disukai anak didik, memperhatikan sarana dan prasarana serta aspek/indikator yang berkaitan dengan minat guna meningkatkan minat berolahraga siswa sehingga dapat mencapai hasil yang lebih baik. (2) Pihak sekolah hendaknya lebih memberikan fasilitas-fasilitas yang memadai serta memberikan penguatan berupa hadiah-hadiah bagi siswa yang berprestasi atau membawa nama sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI