PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 PACE KELAS VII POKOK BAHASAN PECAHAN


Author (Penulis)

WIWIN MAULINA SETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0175

Abstract

Abstrak Wiwin Maulina Setyowati : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Invwstigation) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Pace Kabupaten Nganjuk Kelas VII Pokok Bahasan Pecahan, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini berawal dari banyak siswa yang belum mengerti tentang makna dari persoalan matematika yang mereka kerjakan. Pembelajaran di dalam kelas masih menitikberatkan penjelasan dan contoh cara pengerjaan soal dari guru tanpa melibatkan siswa itu sendiri. Sehingga peneliti ini ingin mengetahui: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) pada pokok bahasan segiempat siswa SMP NEGERI 2 PACE ? dan 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap hasil belajar siswa SMP NEGERI 2 PACE kelas VII pokok bahasan pecahan ? Penelitian ini menggunakan teknik Quasi Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Pace kabupaten Nganjuk dengan pemilihan sampel sistematis. Data diperoleh dari hasil observasi pada siswa dan guru serta hasil posttest. Analisis data dilakukan dengan mengkategorikan pencapaan penerapan pembelajaran dan nilai yang diperoleh analisis dengan uji normalitas dan homogenitas untuk mencari variansinya. Kemudian untuk mengetahui perbedaan nilai posttest setelah dilakukan pembelajran GI digunakan uji T-test. Berdasarkan hasil observsi guru dan siswa serta analisis hasil posttest dapat disimpulkan: 1) Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan lembar observasi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran model GI, melalui lembar observasi guru diketahui guru memperoleh skor 61 dengan prosentase sebesar 95,31% dan mendapatkan kategori sangat baik sedangkan melalui lembar observasi siswa diperoleh skor rata-rata 56 dengan prosentase sebesar 85,94% dan mendapatkan kategori sangat baik. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap hasil belajar siswa SMP NEGERI 2 PACE kelas VII pokok bahasan Pecahan. Kata Kunci: Group Investigation, Pecahan Kelas VII, Hasil Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI