Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Aljabar


Author (Penulis)

DIYAH PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0161

Abstract

Keaktifan siswa memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran dan berpengaruh pada prestasi siswa. Keaktifan belajar ditandai oleh adanya keterlibatan secara optimal, baik intelektual, emosional, dan fisik jika dibutuhkan. Namun, pada kenyataannya masih terdapat siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, gaduh, tidak mau bertanya meski mereka tidak memahami materi, siswa tidak fokus pada pelajaran yang diajarkan oleh guru, sehingga hasil pembelajaran tidak seperti yang diharapkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode mengajar yang diterapkan oleh guru kurang membantu siswa mengembangkan pola pikir dalam menyelesaikan masalah sehingga siswa enggan mengikuti pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Gallery Walk serta pengaruh penggunaan model pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar matematika pada materi Operasi Aljabar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Grogol tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian true experimental design (postest-only control design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Grogol, kemudian pengambilan sampel dengan teknik purposive sample, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Gallery Walk, dan model pembelajaran konvensional (kooperatif) pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan postest dengan soal uraian berjumlah 10 item soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Gallery Walk (84,00) > KKM (75), serta ada pengaruh pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Grogol pada materi operasi aljabar. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa nilai Sig.(2-tailed) hasil belajar (0,036) < ? (0,05). Hasil thitung hasil belajar (2,152) > ttabel (2,00324), sehingga ????0 ditolak dan ????1 diterima. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu keberhasilan penggunaan model pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran matematika khususnya operasi aljabar, maka diharapkan pada para guru agar dapat mengadopsi dan menguji coba pada materi lainnya yang sesuai dengan model pembelajaran ini. KATA KUNCI : Gallery Walk, hasil belajar, operasi aljabar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI