PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DISERTAI PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Author (Penulis)
DINAR GAGAH ANGGARA PRASETYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0107
Abstract
Abstrak
Dinar Gagah Anggara Prasetya: Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Disertai Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP PAWYATAN DAHA 2 Pada Materi Persamaan Garis Lurus , Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman peneliti pada praktek pengalaman lapangan (PPL), bahwa pembelajaran matematika di SMA masih dominan peran guru dalam proses belajar mengajar. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan monoton. Hal tersebut nampak dari aktivitas siswa dan hasil belajar yang tidak sesuai harapan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP PAWYATAN DAHA 2 tahun ajaran 2016/2017?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif subyek penelitian siswa kelas VIII SMP PAWYATAN DAHA 2 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 pertemuan menggunakan instrumen RPP dan tes hasil belajar.
Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give mempengaruhi hasil belajar siswa SMP PAWYATAN DAHA 2. Dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai thitung = 55,1731168 lebih besar dari nilai ttabel = 2,10092 atau ?maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perlakuan model pembelajaran Take and Give terhadap mempengaruhi hasil belajar siswa SMP PAWYATAN DAHA 2.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan: Pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give ini dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk mendorong aktivitas siswa.
Kata kunci: kooperatif, take and give, hasil belajar, reward