Efektifitas Model Pembelajaran AO (Advance Organizer) Berbantu Lembar Kerja Siswa Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar


Author (Penulis)

DEVIA SEFFIANDA ARMIANSA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0054

Abstract

Abstrak Devia Seffianda Armiansa : Efektifitas Model Pembelajaran (AO) Advance Organizer Berbantu Lembar Kerja Siswa Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016 Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan tentang efektifitas proses belajar mengajar yang mengalami penurunan pada materi faktorisasi suku aljabar. Dalam menghadapi penurunan proses belajar mengajar dengan mencoba model pembelajaran advance organizer berbantu LKS dimana materi yang telah dipelajari siswa dapat dimanfaatkan dan dijadikan sebagai titik tolak dalam mengkomunikasikan informasi atau ide baru dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik dapat melihat keterkaitan antara materi pelajaran yang telah dipelajari dengan informasi atau ide baru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran advance organizer berbantu LKS dapat meningkatkan kinerja guru, aktifitas siswa, minat siswa dan hasil belajar siswa. Variabel independen pada penelitian ini adalah pembelajaran dengan model advance organizer yang berbantu LKS sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar siswa. Teknik penelitian yaitu metode experimental yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam mondisi yang terkendalikan. Populasi penelitian ini adaah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen Kediri dengan jumlah populasi sebanyak 333 siswa. Menggunakan purposive sampling, adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-I (kelas eksperimen) dengan jumlah 36 siswa dan kelas VIII-G (kelas kontrol) dengan jumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi, model analisis yang digunakan adalaj uji normalitas dan uji hipotesis.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji normalitas menggunakan kolmogorov smirnov menunjukkan bahwa nilai sig > 0,05. Pada nilai pretest kelas kontrol sig 0,064 > 0,05 dan kelas eksperimen sig 0,174 > 0,05. Pada nilai postest kelas kontrol sig 0,200 > 0,05 dan kelas eksperimen 0,191. Pada uji hipotesis uji –t pretest nilai Mean Difference nilai postest yaitu -3,806 sedangkan uji –t postest yaitu -14,083. Karena bernilai negatif maka berart kelompok kontrol memiliki mean lebih rendah dari pada kelompok eksperimen. Sedangkan uji analisis kinerja guru, aktifitas siswa dan minat siswa mengalami peningkatkan dari pertemuan I ke pertemuan II. Sehinggga model pembelajaran Advance Organizer (AO) berbantu LKS sangat efektif apabila diterapkan pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi faktorisasi suku aljabar kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Kediri. Kata Kunci : Advance Organizer, Lembar Kerja SiswaQ

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI