Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat di SMAN 6 Kediri


Author (Penulis)

REVINIA KURNIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0041

Abstract

REVINIA KURNIATI: Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Di SMAN 6 Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang mendapat nilai matematika dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang efektif sehingga siswa enggan mengikuti pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction serta pengaruh penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar matematika pada materi persamaan kuadrat siswa kelas X di SMAN 6 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian true experimental design (postest-only control design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 6 Kediri, kemudian pengambilan sampel dengan teknik random sample, yaitu kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction, dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan postest dengan soal uraian berjumlah 15 item soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction (78,44) baik dengan KKM (75), serta ada pengaruh pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas SMAN 6 Kediri pada materi persamaan kuadrat. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa nilai Sig.(2-tailed) hasil belajar (0,00) < ? (0,05). Hasil thitung hasil belajar (5,689) > ttabel (1,668), sehingga ????0 ditolak dan ????1 diterima. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu ada pengaruh menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran matematika khususnya persamaan kuadrat, maka diharapkan pada para guru agar dapat mengadopsi dan menguji coba pada materi lainnya yang sesuai dengan model pembelajaran ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI