PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK PGRI 1 KEDIRI


Author (Penulis)

REWIVON SASIRITANG
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0017

Abstract

Abstrak Pengaruh Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK PGRI 1 Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kedir, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa hal-hal internal atau ekternal yang terjadi pada siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi be;ajar matematika siswa SMK PGRI 1 Kediri. (2) Bagaimana pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK PGRI 1 Kediri. (3) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK PGRI 1 Kediri. (4) Bagaimana pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa SMK PGRI 1 Kediri. (5) Bagaimana pengaruh antara perhatian orang tua, minat belajar, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi beajar siswa SMK PGRI 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa SMK PGRI 1 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu kali pertemuan, menggunakan instrument dokumentasi dan angket. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Adanya pengaruh antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa. (2) Adanya pengaruh antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) Adanya pngaruh antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. (4) Adanya pengaruh antara lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Siswa hendaknya lebih meningkatkan prestasi belajar matematika, jangan mudah putus asa dan terpengaruh dengan hal-hal yang dapat menganggu belajar. (2) Guru agar lebih meningkatkan dalam memberikan layanan pembelajaran di sekolah misal dengan memberikan materi yang menarik atau dengan memberikan simulasi-simulasi agar siswa tertarik. (3) Orang tua hendaknya senantiasa memperhatikan dan mengembangkan sikap belajar anaknya kearah lebih baik dan membuat hubungan yang harmonis dengan anaknya. Kata Kunci : Pengaruh Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI