PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UN PGRI KEDIRI ANGKATAN 2014


Author (Penulis)

ERLIN ANDRAENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.04.0130

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UN PGRI Kediri angkatan 2014?, (2) Mengetahui pengaruh praktik pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UN PGRI Kediri angkatan 2014? (3) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dan praktik pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UN PGRI Kediri angkatan 2014?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 30 mahasiswa dari jumlah populasi sebanyak 85 mahasiswa di FKIP UN PGRI Kediri Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa, ditunjukan dengan nilai koefisien regresi (b1) sebesar 0,912, t hitung sebesar 8,486, dan nilai signifikansi sebesar 0,000, maka H1 diterima H0 ditolak. (2) Terdapat pengaruh positif praktik pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru diperoleh nilai koefisien regresi (b1) sebesar 0,58, t hitung sebesar 8,397, dan nilai signifikansi sebesar 0,001, maka H2 diterima H0 ditolak. (3) Terdapat pengaruh signifikan Motivasi Belajar dan Praktik Pengalaman Lapangan secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru, ditunjukkan dengan hasil pengujian regresi ganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R2) s) sebesar 0,749 atau 75%, motivasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa, ditunjukan dengan nilai koefisien regresi (b1) sebesar 0,912 atau 91 %, dan pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru diperoleh nilai koefisien regresi (b1) sebesar 0,58 atau 58%, maka H3 diterima H0 ditolak. Pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai F hitung sebesar 40,284 dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi F < 0,05 maka H3 diterima H0 ditolak.


Keyword

Motivasi Belajar, Praktik Pengalaman Lapangan, Minat Menjadi Guru

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Bimo, Walgito. 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta

Dale. H. 2012. Learning theories an educational perspective. Yogyakarta. Pustaka pelajar

Dalyono. M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dajamarah, Syaiful Bahri, & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Surabaya Usaha Nasional.  

Fathurrohman P. & Sutikno, M.S. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama

Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty

Hamzah, B. Uno, 2008. Teori Motivasi dan Pengukuranya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Hidayat, Komarudin. 2013. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Muhibbin, Syah. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Rosdakarya.

Nana, Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Oemar, Hamalik. 2011. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.  Jakarta: PT Bumi Aksara

Retno, Winarni. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga. Widyasari.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudarwan, Danim. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan    Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan. Alfabeta Bandung

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif  Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Yasmin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.


PUBLISHED

2019-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade