ANALISIS METODE COST PLUS PRICING UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK PADA PT SURYA ZIG ZAG KEDIRI


Author (Penulis)

NOVAN SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.04.0056

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam menentukan harga jual suatu produk dalam perusahaan menggunakan metode cost plus pricing terdapat dua pendekatan yakni metode full costing dan variable costing. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penentuan harga jual produk dengan menggunakan metode cost plus pricing pada PT Surya Zig Zag Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan untuk menentukan harga jual produk menggunakan metode full costing dan variable costing. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan cost plus pricing untuk menentukan harga jual produk pendekatan full costing dengan markup sebesar 46% dan pendekatan variable costing sebesar 53%. Dengan kedua pendekatan ini menghasilkan harga jual produk yang sama yaitu sebesar Rp 14.821. Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan, penentuan harga jual produk sangatlah penting bagi perusahaan dalam penentuannyapun harus sesuai dngan prinsip akuntansi dan cepat dalam perhitungannya, maka disarankan pada perusahaan dalam menentukan harga jual produknya lebih cepat menggunakan pendekatan full costing.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI