ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICING DENGAN PENDEKATAN VARIABEL COSTING UNTUK MENINGKATKAN LABA PADA CV. ATMAJA JAYA KEDIRI


Author (Penulis)

HANA NARISSA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.04.0049

Abstract

ABSTRAK Hana Narissa: Analisis Penentuan Harga Jual Menggunakan Metode Cost Plus Pricingdengan Pendekatan Variable Costing untuk Meningkatkan Laba Pada CV. Atmaja Jaya Kediri, Skripsi, PE, FKIP UN PGRI Kediri 2017. Penentuan harga jual suatu produk atau jasa merupakan salah satu keputusan penting manajemen karena harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya dan mendapatkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Perhitungan harga jual dengan menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan variabel costing menghasilkan perhitungan harga jual lebih akurat dan terjamin kebenarannya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu Harga jual, metode cost plus pricing dan variabel costing dan variabel terikat yaitu laba. Metode yang digunakan adalah penelitian expost facto.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh di dalam penelitian menggunakan metode cost plus pricing menunjukkan bahwa harga jual produk bed merah putih dan bed nama terdapat selisih antara perhitungan perusahaan dengan perhitungan menggunakan metode cost plus pricing. Seperti di tahun 2015 perhitungan dengan menggunakan metode cost plus pricing yaitu bed bendera merah putih sebesar Rp 746,135 dan bed nama Rp 791,486. Sedangkan perusahaan menentukan harga jual tanpa menggunakan metode cost pluspricing yaitu bed bendera merah putih Rp 750 dan bed nama Rp 800. Sehingga ada selisih antara perhitungan metode cost plus pricing dengan perhitungan perusahaan yaitu bed bendera merah putih Rp 3,865 dan bed nam Rp 8,514. Dan laba perusahaan menurut metode cost plus pricing sebesar Rp 8.752.700 dan laba menurut perusahaan Rp 9.061.500. Sehingga terdapat selisih sebesar Rp 308.800. Dalam Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam menentukan harga jual CV. Atmaja Jaya tidak memperhitungkan biaya non produksi. Perusahaan sebaiknya dalam menentukan harga jual menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan variabel costing, karena dapat mengidentifikasi biaya-biaya produksi dan menghitung harga jual produk produk, sehingga harga jual produk dapat bersaing dan dapat meningkatkan laba. . Kata Kunci: Harga jual, metode cost plus pricing, variable costing, laba.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-31

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI