PENGARUH KEDISIPLINAN KELUARGA TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ERY WIDYONARKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0337

Abstract

ERY WIDYONARKO: Pengaruh Kedisiplinan Keluarga terhadap Aktifitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Panggul Kabupaten Trenggalek, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa seorang siswa perlu memiliki sikap disiplin dengan melakukan latihan yang memperkuat dirinya sendiri untuk selalu terbiasa patuh dan mempertinggi daya kendali diri. Sikapdisiplin yang timbul dari kesadarannya sendiri akan dapat lebih memacu dan tahan lama dibandingkan dengan sikap disiplin yang timbul karena adanya pengawasan dari orang lain. Disiplin dapat tumbuh dan dibina melalui latihan, pendidikan atau penanaman kebiasaan yang harus dimulai sejak dalam lingkungan keluarga, mulai pada masa kanak-kanak dan terus tumbuh berkembang sehingga menjadi disiplin. Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah kedisiplinan keluarga mempengaruhi aktifitas belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panggul Kabupaten Trenggalek ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdan menggunakan tehnik korelasi product-momentdengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panggul Kabupaten Trenggalekdengan jumlah 41 siswa, instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakkan angket yang disebarkan ke siswa. Hasil penelitian menunjukkan secara umum besar pengaruh kedisiplinan keluarga terhadap aktifitas belajar siswa adalah 0,402selanjutnya dibandingkan dengan rxy hitung dalam N = 41 dan Ts 1% = 0,398 dan Ts 5% = 0,308 dengan demikian rxy hitung (0,402) lebih besar dari rxy taraf signifikan 1% ( 0,398 ).artinya ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan keluarga dengan aktifitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panggul Kabupaten Trenggalek. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Kedisiplinan keluarga dapat mempengaruhi aktifitas belajar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) bagi orang tua hendaknya memberikan dorongan kepada anaknya agar mau dan aktif mengikuti bimbingan belajar, selain itu juga memperhatikan anak dirumah dalam hal belajar (2) bagi guru pembimbing hendaknya memberikan bimbingan belajar yang maksimal kepada siswa, mengevaluasi kemampuan siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI