EFEKTIFITAS PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI TENTANG BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN PENYESUAIAN DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI JOMBANG KAUMAN KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SRI POERWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0317
Abstract
Layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individu-individu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan, atau untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki. Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari.
Variabel dalam penelitian ini yaitu Pemberian layanan informasi tentang belajar sebagai variabel bebas dan Mengatasi kesulitan penyesuaian diri dalam belajar sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif, yang menjadi populasi adalah kelas VII MTs Negeri Jombang Kauman Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu72 dari populasi yang berjumlah 342 siswa. Instrument penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data dengan uji statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasilpenelitian ditemukan bahwa bimbingan konseling individu efektif untuk mengatasi kesulitan penyesuaian diri dalam belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil rhitung0,4842>rtabel0,279dengantaraf kepercayaan 95%, Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa bimbingan konseling individu efektif untuk mengatasi kesulitan penyesuaian diri dalam belajar siswa pada siswa kelas VII di MTS Negeri Jombang Kauman Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015.