HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI DI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SATRIYA HUTOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0225
Abstract
ABSTRAK
SATRIYA HUTOMO : Hubungan antara Disiplin belajar dengan hasil belajar matematika pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2016.
Disiplin adalah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku belajar matematika adalah belajar konsep, struktur konsep, dan mancari hubungan antara konsep dan strukturnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah teknik korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 responden dari total populasi sebanyak 324 siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri.
Hasil pengujian hipotesis dengan dengan bantuan SPSS 16.0 for windows menunjukkan ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 ditunjukkan r hitung 0,286 lebih besar rm table 0,244 pada taraf sigifikansi 5%. Maka hasilnya Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri tahun ajaran 2015/2016
KATA KUNCI : Disiplin belajar, Hasil belajar matematika