PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PGRI 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
MOCH. IMAM SAFI'I A. A
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0195
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil PPL dengan mengamati peserta didik saat bimbingan klasikal di kelas X-PMS. Diketahui bahwa banyak peserta didik yang kurang memiliki rasa percaya diri karena merasa takut jawabannya salah saat menjawab pertanyaan, mudah cemas dan takut untuk bertanya. Penelitian memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap rasa percaya diri pada peserta kelas XI SMK PGRI 3 Kediri. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen yaitu one grup pre-test and post-test design. Proses pengumpulan data menggunakan angket rasa percaya diri. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 51 peserta didik, sampel yang digunakan sebanyak 25 peserta didik yang diambil secara purposive non random sampling dengan karakteristik yang memiliki rasa percaya diri yang rendah. Dengan teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-Test. Hasil analisi data menunjukan thitung sebesar -87,62 jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,013 maka thitung > ttabel (-87,62 > 2,013). Berdasarkan hasil analisis data, Ha yang berbunyi ada pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap rasa percaya diri pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 3 Kediri diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap rasa percaya diri peserta didik.
KATA KUNCI : bimbingan pribadi sosial, rasa percaya diri