KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PEMBERIAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA 1 MOJO TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AYU SULICH ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0148
Abstract
ABSTRAK
Ayu Sulich Andriani. 2016. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Pemberian Informasi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, teknik pemberian informasi, kepercayaan diri.
Layanan bimbingan kelompok teknik pemberian informasi merupakan layanan bimbingan konseling yang dilakukan secara kelompok untuk mencapai tujuan bersama dengan penjelasan oleh seorang pembicara kepada sekelompok pendengar. Siswa yang memiliki rasa percaya diri yang kurang mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik pemberian informasi, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi maupun data yang akurat mengenai keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik pemberian informasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denga teknik pre-experimental design. Design yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri dan RPLBK sebagai pedoman penelitian. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampel berjumlah 40 Siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo. Proses analisis data menggunakan uji t paired sampel t-test.
Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukan nilai ? ttabel yakni -31,465?2,023 pada taraf signifikan 5%. Hal ini memiliki arti bahwa layanan bimbingan kelompok teknik pemberian informasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka terdapat saran untuk guru Bimbingan dan Konseling yaitu 1)supaya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu bahan untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling, 2) menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik pemberian informasi sebagai referensi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo.