EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS XI DI SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

TRI MAHA NANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0123

Abstract

TRI MAHA NANIK: Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Kelas XI TKJ di SMK TI PELITA NUSANTARA Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mempunyai komuikasi antar pribadi yang kurang berjalan dengan baik di kelas XI TKJ SMK TI Pelita Nusantara Kediri. Akibatnya proses belajar dan mengajar terganggu, hal ini nampak pada saat siswa cenderung diam ketika diberi kesempatan untuk bertanya dan mengemukakan pendapat dan siswa cenderung ramai pada dijelaskan materi pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa kelas XI TKJ di SMK TI Pelita Nusantara Kediri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa. Pendekatan yang digunakanakan adalah kuantitatif One Group Pre Test-Post Test Design dengan subyek penelitian kelas XI TKJ di SMK TI Pelita Nusantara Kediri. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 siswa. Untuk analisis data yang digunakan adalah teknik Uji t. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan, menggunakan instrument pret-test, pemberian instrument layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dan pemberian post-test dengan menggunakan instrument berupa angket dan RPLBK. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah berdasarkan penghitungan diperoleh hasil thitung > ttabel (5,017 > 2,064 ) maka Ha diterima dengan taraf Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan Ho ditolak. Maka hasil analisis menunjukkan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasiakan: (1) tujuan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi mampu meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa yang kurang menjadi meningkat dan lebih baik (2) konselor dan guru mampu mengontrol serta menciptakan komunikasi antarpribadi yang baik dan benar pada saat di sekolah. Kata Kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi, komunikasi antarpribadi siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI